1. 5. Salat Tarawih 20 Rakaat Dan 8 Rakaat Mana Yang Lebih

Salat Tarawih 20 Rakaat Dan 8 Rakaat Mana Yang Lebih


YAS-1 : Thu, 16-11-2017 | Ahmad Sarwat, Lc., MA
1.Apa Hukum Kredit Kendaraan Dari Pembiayaan Pihak Ketiga
2.Apa Hukum Bunuh Diri Karena Sakit Parah
3.Bolehkah Mengkoreksi Pendapat Imam as-Syafii
4.Apa Hukumnya Salat Dzuhur Setelah Salat Jumat
5.Salat Tarawih 20 Rakaat Dan 8 Rakaat Mana Yang Lebih
6.Bagaimana Tentang Hal Mengadzani Bayi Yang Baru Lahir

Sholat Tarawih 20 rakaat dengan 8 rakaat mana yang lebih Shohih?

Pertanyaan.

Mana yang lebih shohih antara sholat tarawih 20 rokaat dengan 8 rokaat?

Jawaban.

Kalau pertanyaannya shohih, biasanya kaitanya dengan Rasulullah SAW. Hadisnya shohih atau tidak.

Ternyata memang tidak ada satu hadits pun yang shahih terkait tentang jumlah rakaat tarawihnya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.

Ada Hadits yang Shahih tentang shalat malamnya Rasul, di mana Aisyah radhiyallahu anha pernah bercerita, bahwa Rasulullah SAW,  tidak pernah melebihi dari 11 rokaat, atau 13 rakaat dalam shalat malamnya. Baik di dalam bulan Ramadhan ataupun di luar bulan Ramadhan.

Hadits ini Shahih, tetapi para ulama sepakat, bahwa hadis ini bukanlah hadits tentang tarawih. Bahwa nabi pernah melakukan salat tarawih ya. Dan itu hanya terjadi tiga kali saja, atau tiga malam saja.

Tetapi tidak ada kaitan nya dengan yang disebutkan dengan 11 atau 13 rokaat Oleh karena itulah maka  kita menemukan di Masjidil Haram di Mekah atau di Masjid Nabawi di Madinah, orang-orang dari zaman Nabi, sampai hari ini tidak melakukan tarawih dengan 11 rokaat. Mereka melakukannya dengan 20 rokaat.

Nah, yang 20 Rokaat itu apakah haditsnya shohih?

Kalau ditanya Apakah shohih dari Rasulullah SAW? Jawabannya tidak juga. Karena tidak ada satupun hadits yang menyebutkan tentang berapa rakaat jumlah tarawih ya Rasulullah Shalallahu Wassalam.

Itu yang mereka lakukan dalam mengikuti apa yang dilakukan oleh para sahabat, yaitu di zaman Khalifah Umar Bin Khattab Radiallahu anhu, seluruhnya para sahabat yang ada pada saat itu sepakat untuk melaksanakan salat tarawih ini dengan 20 rakaat.

Wallahua’lam

Ust Ahmad Sarwat Lc.MA

more . . .